Siapa Sangka, Ternyata Oatmeal Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

admin

Oatmeal merupakan makanan yang sering disebut sebagai makanan diet. Namun, kandungan dan khasiatnya juga sangat banyak bagi kesehatan. Bagi yang ingin mencoba berdiet tapi tetap sehat, Anda bisa memanfaatkan kandungan makanan yang satu ini. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang terdapat pada makanan diet tersebut, inilah diantaranya.

Menjaga Kesehatan Jantung
Ternyata sebuah makanan diet yang sering dijadikan sarapan ini, bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan Jantungnya. Karena kandungan avenanthramide atau antioksidan yang menjaga kesehatan jantung dengan mencegah terjadinya penyumbatan darah. 

Paling penting menjaga kesehatan jantung, terlebih lagi menggunakan makanan untuk kesehatan. Pemicu kesehatan jantung biasanya adalah makanan yang memiliki kalori tinggi dan berkolesterol.

Menurunkan Diabetes
Selain jantung, masih ada masalah penyakit diabetes yang bisa diatasi dengan oatmeal tersebut. Karena, bisa menurunkan glukosa yang terdapat dalam darah tersebut. Sehingga. Gula darah bisa dikontrol dengan mengkonsumsinya. Selain itu, memperbaiki kerja insulin pada tubuh Anda. Sehinga, diabetes pun bisa diatasi.

Menurunkan Risiko Darah Tinggi
Risiko Darah tinggi, juga termasuk salah satu masalah kesehatan yang cukup berat. Sehingga, harus diatasi dengan sesuatu melalui pola makan dan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi oatmeal yang sangat efektif untuk menurunkan risiko darah tinggi, Karena, makanan ini  memang bisa menurunkan darah tinggi dan pemicunya.

Mengurangi Berat Badan
Selain beberapa penyakit berat yang sempat disebutkan, juga terdapat manfaat dan fungsi lainnya dari kandungan makanan kesehatan ini dapat menurunkan atau mengurangi berat badan. Karena, kandungan serat pada makanan tersebut bisa membuat efek kenyang yang agak lama. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika sering mengkonsumsi makanan ini.

Perawatan Kulit
Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau makanan dengan efek kenyang ini bisa dijadikan perawatan kulit. yaitu dengan dibuat lulur ataupun masker dari makanannya tersebut. Dengan cara, menghaluskannya, lalu dimasak sampai mendidih hingga dibalurkan pada kulit langsung.

Tidak hanya merawat kulit tapi juga mengatasi masalah kulit. Bahkan, dari oatmeal ini bisa dibuat jadi bahan shampoo ataupun gel pencukur.  

Mengatasi Asma
Penyakit asma ternyata juga bisa diatasi oleh makanan ini, karena bubur ini sangat baik dan disarankan untuk dikenalkan pada anak sejak umur 6 bulan sebagai MPASI. Ada banyak kandungannya yang memang dikatakan dapat menyembuhkan asma.

Menjaga Pencernaan Manula
Ada lagi keuntungan dari mengkonsumsi makanan ini adalah menjaga pencernaan khususnya untuk manula. Karena, manula biasanya pencernaannya sudah tidak terlalu kuat untuk makanan yang agak berat. Sedangkan, bubur ini sangat halus dan cocok untuk pencernaanya.

Tersedia B-6, B12 dan folat sebagai zat yang dapat menjaga pencernaan tersebut. Serta dapat bebas dari ketergantungan obat.

Menurunkan Kolesterol
Karena kandungan yang terdapat pada makanan tersebut tidak tinggi kalori, sehingga makanan jenis ini pun bisa menurunkan kolesterol.  Makanan ini kaya akan serat dan mampu menurunkan kolesterol dengan cara menghambat penyerapan kolesterol LDL atau jahat yang menjaga pemicu jantung dan struk.  

Bisa terbukti dengan mengkonsumsi oatmeal, Anda bisa menjadi lebih sehat dan mengatasi banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk menolak mengkonsumsi makanan ini kalau memang cukup menguntungkan. Jika ingin hidup sehat maka jangan ragu untuk mencoba, meskipun rasanya memang sedikit agak hambar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »