Cara Merawat Jaket Agar Awet Tetap Keren

admin
Cara merawat jaket kulit agar mengkilap, lentur, tidak jamuran, tidak bau apapun jenis kulitnya, baik itu kulit asli domba , sapi maupun kambing. Kalau anda punya jaket kulit asli warna hitam (baru atau bekas), bukan sintetis/imitasi, agar tidak kusut maka salah satu tips perawatannya adalah dengan cara menyimpan jaket kulit bisa juga jaket eiger dalam lemari kering yang berhawa sejuk dalam kondisi tergantung.


Jika anda punya jaket kulit pria atau wanita dengan model terbaru yang harganya mahal, maka anda perlu tahu cara merawat jaket kulit yang benar.

Cara mencuci jaket kulit
Tips sederhana perawatan jaket kulit lainnya ini dapat anda terapkan di rumah. Jika jaket bagian dalam (suede) atau luar menjadi kusam, maka anda dapat mengkilapkan jaket kulit dengan baby oil atau hand body lotion. Jangan mencuci jaket kulit dengan deterjen atau pemutih (bleaching). Selanjutnya, Enjoy Leather coba jelaskan lengkap perawatan jaket kulit (leather jacket).

Anda dapat membersihkan jaket kulit anda di rumah dan membuatnya tetap mengkilap tanpa perlu membayar jasa dry cleaner. Berikut adalah tips pencucian jaket kulit yang dilansir dari diynetwork.com.

Jangan gunakan mesin cuci
Cara mencuci jaket kulit dengan benar menjadi penting untuk anda ketahui supaya jaket menjadi lebih awet (tahan lama). Apapun bahan jaket kulit (domba, sapi, kambing) anda, jangan menggunakan mesin cuci seperti halnya anda mencuci jeans atau baju biasa. Jadi, mencuci jaket kulit dengan mesin cuci adalah tindakan yang tidak tepat.

Jangan gunakan pemutih atau amonia saat mencuci
Jangan menggunakan pembersih yang berbasis amonia atau pemucat (bleach) untuk membersihkan jaket kulit. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan menjadi sangat kering bahkan retak (crack). Jangan terlalu banyak menggunakan air saat mencuci karena air dapat menyebabkan noda (stain) pada jaket kulit anda.

Cara perawatan jaket kulit yang baik dan benar
Jauhkan benda tajam
Segera bersihkan tumpahan cairan (kopi, minyak, oli, dll) pada permukaan jaket kulit dengan kain lembut. Bahan kulit asli itu berpori dan akan menyerap cairan, menyebabkan terbentuknya noda. Permukaan jaket kulit juga bisa tergores (scratch), maka dari itu jauhkan benda tajam.

Gunakan cairan perawatan jaket kulit
Air hangat dan sabun cuci piring
Untuk membersihkan jaket kulit asli Garut anda, maka campurkanlah air hangat dan sabun cuci piring (dish soap) sehingga menjadi larutan homogen. Kemudian, celupkan kain lembut ke campuran tersebut, peras, dan lap jaketnya secara perlahan. Mudah bukan membuat cairan perawatan jaket kulit?

Vinergar dan air
Bahan lain yang dapat anda buat sebagai cairan pembersih jaket kulit adalah vinergar dan air. Buatlah campuran dari vinegar dan air dengan perbandingan satu banding satu (vinegar:air=1:1). Gunakan lap bersih, celupkan ke dalam larutan dan usapkan pada jaket kulit anda. Selanjutnya, keringkan jaket kulit dengan handuk.

Daftar bahan dan cara merawat jaket kulit
Bahan dan cairan untuk menghilangkan noda dari jaket kulit. Gunakan salah satu dari bahan berikut ini sebagai pembersih noda pada jaket kulit.

Pasta gigi
Oleskan pasta gigi ke jari Anda selanjutnya usapkan ke bagian noda di jaket kulit anda. Gosok perlahan dengan kain lembut sampai noda terangkat. Jangan menggosok dengan sikat (scrub) karena dapat menggores atau merusak warna jaket kulit (discolor). Bersihkan pasta gigi dengan lap bersih yang lembab.

Penghapus cat kuku
Noda tinta pada jaket kulit dapat dibersihkan dengan cotton bud yang dicelupkan ke dalam cairan penghapus cat kuku. Jangan menggosok noda karena bisa membuat tinta menyebar. Usap dengan cotton bud secara perlahan sampai noda hilang. Bersihkan dengan kain bersih yang basah dan keringkan dengan handuk.
loading...

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »