4 Tips Buat Si Kecil Tidur Nyenyak agar Bayi Sehat

admin
Bayi sehat tentunya adalah impian setiap orang tua, kan? Anda pastinya akan menempuh segala cara agar bayi Anda terus sehat meskipun itu mengorbankan diri Anda sendiri. Sebenarnya menjaga kesehatan bayi itu mudah. Salah satunya dengan menjaga kualitas tidurnya. Buat si kecil tidur nyenyak dengan cara di bawah ini agar mereka lebih sehat!

bayi sehat

1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat
Salah satu cara paling banyak berhasil membuat bayi bisa tidur nyenyak adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat. Namun, Anda harus mengombinasikannya dengan pijatan yang lembut dan penuh kasih sayang, ya! Air hangat dan pijatan lembut ini akan memberikan efek nyaman pada si kecil sehingga mereka bisa lebih lelap ketika tidur.

2. Beri Makan atau Susui Sebelum Tidur
Cara terbaik lain untuk membuat bayi tidur nyenyak adalah dengan memberi makan atau menyusuinya sebelum tidur. Ketahuilah, bayi sering bangun pada malam hari dikarenakan lapar. Anda bisa mengansipasinya dengan memberi makanan esktra sebelum dia tidur agar tidurnya tak terganggu. Bayi juga tak mudah terganggu dengan suara bila mereka kenyang.

3. Beri Wewangian Alami
Memberikan wewangian alami juga bisa jadi kunci agar si kecil tidur lelap dan nyenyak sehingga bayi sehat bisa Anda dapat. Berikan saja wewangian seeprti minyak aroma lavender yang diteteskan di tisu dan letakkan di dekat tempat tidurnya. Seperti yang Anda tahu, minyak natural seperti ini bisa memberi efek relaksasi.

Selain itu, wewangian natural seperti ini juga dikenal mampu memberi rasa anti cemas dan membuat tidur lebih nyenyak. Hanya saja, sangat tidak disarankan menerapkan cara ini pada bayi di bawah 6 bulan, ya! Bayi di usia tersebut belum membutuhkannya karena mereka punya jam tidur sendiri!

4. Atur Pola Tidur si Kecil
Agar tidur si kecil bisa nyenyak namun juga tetap sehat, Anda harus mengatur pola tidurnya. Perlu diketahui, bayi dengan usia di bawah 4 bulan memang memiliki jam tidur yang tak bisa diatur. Namun, untuk bayi di atas usia itu, bisa. Sebab, otak bayi pada usia ini sudah bisa mengenali kapan waktunya siang dan kapan malam.

Anda bisa mengatur pola tidur si kecil dengan menerapkan tidur siang dan tidur malam untuknya. Untuk tidur siang, tak perlu terlalu lama. Cukup 2 hingga 3 jam saja dan bangunkan ketika waktunya makan tiba. Sedangkan untuk waktunya malam, memang lebih panjang. Tapi, Anda juga perlu menyiapkan makanan atau susu untuk mengganjal perutnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat si kecil tidur nyenyak sehingga bayi sehat. Meski dianggap remeh, tidur yang cukup juga berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Jadi, berikan mereka waktu tidur yang cukup. Bila Anda butuh tips lain seputar ibu dan anak, bisa kunjungi ibudanbalita.com untuk mendapat info lebih menarik!

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »