Sumber Alami Vitamin C Untuk Anak

Salah satu vitamin yang  penting bagi tumbuh kembang serta meningkatkan kekebalan tubuh anak adalah vitamin C. Vitamin C juga terdiri dari antihistamin serta antioksidan alami dan dalam pola makan harian anak harus ditambahkan bahan yang mempunyai kandungan vitamin tersebut. Manfaatnya adalah untuk membangun imunitas tubuh yang bisa mendukung kesehatannya. Bahan makanan yang mempunyai kandungan vitamin c untuk anak atau balita cukup beragam terutama pada beberapa jenis sayuran dan buah. Sebagian besar bahan-bahan tersebut bahkan dapat dengan mudah kita temukan serta harganya ekonomis.

vitamin untuk anak

Bahan-Bahan Alami Yang Mengandung Vitamin C Untuk Anak

Kekurangan vitamin C ternyata bisa memicu dampak yang membahayakan kesehatan, antara lain tak dapat membentuk kolagen baru. sementara kolagen adalah pendukung jaringan tubuh pada tulang, kulit, otot, tendon, tulang rawan, termasuk untuk pembentukan kuku dan rambut. Kolagen juga bermanfaat untuk memperkuat tulang serta pelindung struktur kulit serta membentengi tubuh dari penyebaran zat beracun, penyakit, sel-sel kanker, juga mikroorganisme parasit. Kurangnya kolagen pada tubuh akan memicu gangguan kesehatan, jaringan tubuh mudah terurai, dan melemahkan system penyembuhan tubuh.

Selain itu vitamin C juga membantu meregenerasi sel-sel darah merah, jaringan tubuh, dan tulang. Memberikan asupan vitamin C dengan teratur kepada buah hati akan menjaga gusi anak tetap sehat, memperkuat pembuluh darah, memperkecil kemungkinan terjadi memar dan goresan saat anak terjatuh. Vitamin C juga membantu penyembuhan luka, mencegah terjadinya radang, meningkatkan imunitas tubuh, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan yang disantapnya.

Dosis vitamin c untuk anak 3 tahun adalah 15 miligram per hari dan ini bisa diperoleh dari kandungan beragam jenis makanan. Karena itu pastikan bahwa anak mendapatkan variasi makanan yang terdiri dari banyak buah dan sayuran sumber vitamin C sehingga Anda tak perlu lagi memberikan vitamin C dalam bentuk suplemen sirup atau pun kunyah. Bila memang Anda khawatir si kecil  tak memperoleh asupan vitamin C yang mencukupi, mintalah nasehat dokter. Jangan sembarangan memberikan produk suplemen vitamin C kepada anak apalagi bila suplemen tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa karena bisa memicu dampak negatif seperti mual, gastritis, hingga diare .

Anak berusia 1 hingga 3 tahun dapat mentoleransi vitamin C berjumlah maksimum 400 mg per hari sesuai rekomendasi Dewan Pangan dan Gizi dari Institut of Medicine. Asalkan diberikan pada jumlah yang wajar sebenarnya Anda tak perlukhawatir anak mengalami kelebihan vitamin C karena bahan tersebut terlarut dalam air sehingga bisa dikeluarkan dari urin. Jadi selain dapat memberikan suplemen vitamin untuk anak yang sudah diracik oleh pabrikan, anda dapat juga memberikan vitamin C dari bahan-bahan alami yang lebih aman dan sehat untuk anak. Berikut daftar nya :

45 gram jambu biji atau ¼ cangkir: 82.5 mg
125 ml jus jeruk atau ½ cangkir: 50 mg
45 gram paprika merah atau ¼ cangkir: 47.5 mg
35 gram papaya atau ¼ cangkir:  47.5 mg
30 gram kiwi atau ¼ cangkir: 41 mg
65 gram jeruk atau ½ buah: 30 mg
45 gram brokoli atau ¼ cangkir: 30 mg
40 gram stroberi atau 3 buah: 21 mg
55 gram pink grapefruit atau ¼ cangkir: 23 mg
40 gram melon atau ¼ cangkir:  17 mg
50 gram mangga atau ¼ cangkir: 11 mg

Sumber vitamin C alami juga bisa diperoleh dari tomat segar, bayam, kentang, dan pisang tapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Jadi untuk memenuhi kebutuhan vitamin c untuk anak mulai sekarang tambahkan bahan-bahan alami di atas pada menu hariannya.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »