5 Cara Mudah Merawat Televisi Generasi Baru di Rumah Agar Tetap Awet

Perangkat elektronik yaitu televisi bisa jadi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk dipakai di rumah, karena nyatanya memang perangkat teknologi yang satu ini memang memiliki beragam jenis fungsi hiburan dan juga sebagai sarana untuk mendapatkan informasi secara gratis, bisa digunakan oleh semua kalangan, baik itu menengah ke bawah hingga atas. Apalagi dengan adanya beragam pilihan dengan harga yang juga terbilang murah. Serinya mulai dari produk TV tabung hingga yang sekarang banyak digunakan adalah TV LED.

Sebenarnya bukan tanpa alasan jika seandainya banyak masyarakat yang mulai meninggalkan pemakaian produk TV generasi lama yaitu tabung berpaling menggunakan yang terbaru yaitu LED, dari segi tampilan atau desainnya sendiri memang sudah dibuat lebih artistik, yaitu menerapkan model layar yang datar, begitu juga jika melihat dari segifiture yang dibesutkan di dalamnya. Berbagai macam teknologi terbaru agaknya mulai disisipkan pada TV jenis ini. Sehingga memberikan fungsi yang lebih beragam dibandingkan dengan seri lamanya.

televisi

Produk TV LED ini juga sudah menggunakan penyinaran khusus yang lebih minim radiasinya, sehingga membuat mata tetap sehat meskipun berlama-lama menonton televisi, agaknya Anda sendiri nantinya juga bisa aman memberikan tayangan yang edukatif bagi buah hati, bahkan sejak usia dini. Hanya saja ketahui juga bagaimana cara dalam merawatnya agar tidak mudah rusak, diantaranya adalah:
  1. Gunakan stabilizer, ini adalah alat yang digunakan untuk menstabilkan arus listrik yang masuk atau digunakan untuk menyalakan TV,sangat berguna ketika terjadi pemadaman secara mendadak. Sehingga nantinya kondisi arus tidak terhenti dan naik secara mendadak yang rentan sekali menyebabkan kerusakan komponen bagian dalamnya.
  2. Istirahatkan TV Anda, memang pada dasarnya perangkat ini disetting dengan pemakaian selama beberapa ribu jam, namun jika terlalu di forsir untuk menyala dalam waktu 24 jam setiap harinya sudah pasti akan membuat mesinnya cepat panas dan berakhir pada kerusakan. Untuk itu pastikan sering-sering untuk mematikan ketika tidak digunakan, paling tidak istirahatkan selama beberapa jam.
  3. Bersihkan bagian permukaannya dari debu, sepele, namun ternyata tak hanya mempengaruhi tampilan saja, melainkan juga keawetannya, misalnya saja adalah debu yang dibiarkan terlalu banyak menumpuk dan menutupi bagian sirkulasi udara, nantinya bisa menyebabkan udara panas yang seharusnya dikeluarkan oleh TV tersebut tertahan di dalamnya, sehingga menyebabkannya cepat panas dan overhead. Resiko terbakar tentunya sangatlah tinggi.
  4. Taruhlah di tempat yang tepat,posisi atau tempat dalam meletakkan perangkat elektronik yang satu ini nyatanya memang tidak kalah penting, mulai dari pencahayaan matahari dan juga ketinggiannya sangat mempengaruhi kenyamanan dalam menonton juga kemungkinan terjadinya kerusakan, pastikan ditempatkan dimedia yang stabil, jauh dari perangkat elektronik lainnya.
  5. Amati kemungkinan terjadinya kerusakan, sehingga nantinya bisa langsung dibawa ke tempat service yang tepat sebelum terjadi kerusakan yang semakin parah, bagaimanapun terkadang kondisi kerusakan kecil bisa menunjukkan terjadinya masalah, jika tak segera diatasi tentunya akan bertambah kian parah.
Televisi LED ini pada dasarnya memang jauh lebih awet dibandingkan dengan produk TV tabung, namun dengan catatan harus dirawat dengan tepat, percuma produknya bagus, namun tidak dirawat tentunya akan jauh lebih mudah mengalami masalah bukan. Belilah produk dengan merk terbaik, tak harus yang harganya mahal, mengingat banyak yang bagus dengan rentan harga murah.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »