Resep Kue Nastar Edam Spesial Super Lezat Lumer Banget

Resep Kue Nastar Edam Spesial Super Lezat Lumer Banget - Kue nastar merupakan kue yang tidak sempat absen menghiasi meja saat hari lebaran tiba. Setiap keluarga seolah harus menyaapabilan kue ini. Jadi kemana pun berangkat bersilaturahmi saat lebaran, hampir tentu kami bakal menemukan kue ini di setiap rumah yang dikunjungi.

resep kue nastar enak

Resep Kue Nastar Keju Lumer

Tak heran bila saat ini terus tidak sedikit saja kreasi kue nastar yang dibangun orang. Tidak hanya rasanya yang dibangun seenak mungkin, bentuknya pun makin tidak sedikit variasinya. Dengan bentuk kue nastar yang terkesan ‘beda’, diinginkan bakal hebat para tamu untuk mencicipi.

Lebaran haji telah lama berlalu, Lebaran Idul Fitri apalagi. Meskipun begitu, boleh juga lho … membikin kue nastar sekedar untuk kawan ngopi alias ngeteh di sore hari. Atau, dapat juga sebagai pengisi toples di ruang tamu. Kue nastar rutin enak dinikmati kapan saja.

Untuk membikin nastar keju, keju yang dipakai dapat saja keju cheddar. Tetapi rasanya bakal lebih istimewa apabila memakai keju parmesan alias keju edam di dalam adonan. Dalam resep berikut ini, keju yang dipakai untuk dicampur bersama adonan merupakan keju edam, sedangkan taburannya memakai campuran antara keju edam dan keju cheddar.

Supaya hasilnya lembut dan luluh di mulut, kami butuh memakai campuran antara mentega dan margarin. Supaya rasanya mantap, usahakan memakai margarin dan mentega yang bernilai. Dalam resep berikut ini, tidak hanya memakai butter margarin (mentega yang telah dicampur dengan margarin), tetap ditambah juga dengan butter alias mentega jadi tekstur kuenya terasa makin lembut.

Mengapa kami sebaiknya tidak memakai mentega saja seluruhnya? Sebab margarin diperlukan juga untuk membentuk struktur kue yang keren. Bila hanya memakai mentega saja biasanya adonannya bakal cenderung mudah lembek dan melebar.

Suhu udara ruangan juga ikut mempengaruhi melebar tidaknya kue. Apabila suhu ruangan tempat membikin kue sangat panas, terkadang adonan menjadi sangat lembek jadi hasil akhirnya kue yang cenderung melebar.

Sebab itu, apabila udara sangat panas dan adonan terasa lembek sekali, sebaiknya masukkan adonan dalam wadah, tutup dengan plastik dan simpan dulu di dalam lemari es setidaknya selagi 30 menit baru dibentuk. Dapat juga adonan tetap disimpan dalam lemari es dan hanya dikeluarkan sedikit-sedikit saja ketika membentuk.

Bagi kawan-kawan yang ingin mencoba, ini dirinya resep nastar keju edamnya. Resep berikut ini hanya menghasilkan satu toples kue sebab dibangun bukan untuk kebutuhan lebaran tetapi hanya untuk konsumsi sehari-hari. Untuk kebutuhan lebaran, buat setidaknya 2-3 resep:

Bahan:
  • 75 g mentega campur margarin
  • 50 g mentega
  • 35 g gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 35 g susu bubuk
  • 135 g tepung terigu serbaguna
  • 35 g maizena
  • 35 g keju edam parut
  • Secukupnya keju cheddar dan keju edam parut untuk taburan
Bahan olesan, kocok rata:
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt minyak
  • 1 sdt susu kental manis

Bahan selai nenas:
  • 1 buah nanas palembang, dikupas dan diparut

  • 100 g gula pasir

  • 1 sdm mentega

  • 3 cm kayu manis
Cara membikin:
  1. Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan keju parut, aduk hingga rata memakai whisk, sisihkan.

  2. Kocok semua mentega dan gula halus memakai mikser hingga tercampur rata. Sebentar saja mengocoknya supaya kue tidak pecah waktu dipanggang

  3. Selanjutnya tambahkan kuning telur satu demi satu, setiap kali memasukkan kuning telur kocok dulu hingga rata baru masukkan kuning telur berikutnya, seusai itu matikan mikser.

  4. Masukkan campuran terigu, susu bubuk dan keju parut, lalu aduk rata dengan sendok kayu, kemudian uleni sebentar dengan tangan hingga dapat dipulung.

  5. Ambil adonan secukupnya, bulatkan dan isi dengan selai nanas, bulatkan kembali alias buat bentuk lain sesuai dengan selera dan letakkan dalam loyang kue kering yang telah diolesi mentega dan diberi taburan terigu alias memakai kertas khusus untuk baking.

  6. Panggang kue nastar dalam oven dengan panas 150 derajat selagi 20 menit, lalu keluarkan dan beri olesan kuning telur dan taburan keju. Kemudian panggang lagi selagi kurang lebih 10 menit.

  7. Terbuktigangnya sebaiknya di tahap rak tengah saja supaya permukaan kue warnanya tidak terlalu gelap. Alias sesuaikan saja dengan oven masing-masing.

  8. Seusai 10 menit, keluarkan kue dari dalam oven dan biarkan dingin dulu. Seusai sangatlah dingin baru dikemas dalam wadah kedap udara.

  9. Selai nanas: Tumis nanas parut dengan mentega hingga airnya surut dengan api kecil saja, kemudian masukkan gula pasir dan kayu manis lalu aduk-aduk dan masak kembali dengan api kecil hingga menjadi selai.
Satu Resep Kue Nastar Keju Edam Lembut dan Renyah ini menghasilkan kurang lebih 450 g kue nastar, lumayan untuk kawan ngopi alias ngeteh di sore hari bersama keluarga. Semoga berguna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »